7 Tips Memilih Lokasi Yang Strategis Untuk Usaha Anda

 

Tips memilih lokasi strategis untuk usaha
Ilustrasi: lokasi usaha strategis | source image: freepik.com

Sebelum memulai usaha Anda harus mempertimbangkan strategi untuk memilih lokasi yang strategis untuk usaha Anda. Karena lokasi yang strategis akan mempengaruhi kesuksesan Anda dalam menjalankan usaha, sesuai dengan strategi pemasaran Anda.


Secara teori, peluang sukses Anda akan meningkat seiring dengan seberapa strategis lokasi usaha Anda. Namun, kemungkinan besar perusahaan Anda akan kesulitan untuk berhasil jika letak lokasi usaha Anda tidak strategis.


Nah, kami sudah memiliki beberapa tips untuk memilih lokasi usaha strategis yang bisa Anda gunakan. Dengan mempelajari informasi ini akan meningkatkan peluang sukses usaha Anda dan keuntungan pun akan terus mengalir deras.


1. Mengamati tingkat kepadatan penduduk.


Tips pertama untuk memilih lokasi usaha yang strategis adalah memperhatikan kepadatan penduduk setempat. Anda harus memilih lokasi usaha dengan tingkat populasi yang tinggi. Karena semakin tinggi kepadatan penduduk, maka akan semakin besar peluang pasar untuk usaha Anda.


Misalnya membandingkan keuntungan berusaha di desa dan kota dengan tingkat kepadatan penduduk yang berbeda. Tentu saja, usaha di kota akan jauh lebih menguntungkan. Hal ini terjadi karena tingkat kepadatan penduduknya.


2. Fokus pada pendapatan masyarakat sekitar


Tips kedua adalah menganalisa besaran pendapatan masyarakat sekitar. Selain kepadatan penduduk, tingkat pendapatan masyarakat juga mempengaruhi pendapatan usaha Anda. Jika ingin memulai usaha dengan produk yang sangat mahal, pastikan masyarakat sekitar memiliki pendapatan yang cukup untuk membelinya.


Namun, Anda tidak perlu mempertimbangkan berapa besaran pendapatan masyarakat sekitar jika usaha Anda menjual barang dengan harga yang relatif murah. Oleh karena itu, jangan salah memperkirakan harga jual produk Anda dengan pendapatan masyarakat setempat.


Saat memilih lokasi yang strategis untuk usaha Anda, pertimbangkan bagaimana kondisi umum ramainya lalu lintas kendaraan yang lewat. Mengenai pejalan kaki atau lalu lintas kendaraan, Anda harus mengetahui kondisinya. Jenis usaha yang Anda buka di sana akan terpengaruh oleh hal ini.


Biasanya, jika Anda ingin membuka usaha yang menjual makanan atau minuman dingin, lokasi yang banyak dilalui pejalan kaki akan menjadi pilihan yang ideal. 


3. Mempertimbangkan seberapa banyak peusaha komersial lainnya


Tips ketiga, pertimbangkan apakah ada banyak usaha di area di mana usaha Anda akan berada sebagai bagian dari strategi Anda untuk memilih lokasi strategis untuk perusahaan Anda. Secara umum, lebih banyak pelanggan akan mengunjungi lokasi dengan lebih banyak usaha di sana. Ini menunjukkan bahwa ada peluang bagus untuk menghasilkan banyak uang.


Tapi pastikan penawaran Anda berbeda dari perusahaan pesaing. Jika ternyata Anda harus menjual produk yang identik bentuk dan fungsinya, pastikan Anda memiliki ciri khas dan tekankan hal tersebut sebagai pembeda dari barang pesaing. Jika ada dua atau lebih bisnis yang menjual produk yang sama di sini, pada akhirnya akan ada persaingan di pasar. Menjual produk baru yang tidak ada di area tersebut lebih aman untuk Anda.


4. Sesuaikan budget


Tips keempat adalah menyesuaikan budget yang telah Anda rencanakan dengan lokasi yang akan Anda pilih. Biaya yang akan Anda keluarkan akan bergantung pada tempat yang Anda pilih, jika memilih lokasi sangat strategis dekat dengan keramaian maka biayanya akan lebih tinggi. Karena bisnis yang dekat dengan keramaian orang di pinggir jalan akan membutuhkan biaya sewa atau beli yang jauh lebih mahal daripada bisnis yang jaraknya jauh dari keramaian.


Itulah mengapa penting untuk memperkirakan berapa biayanya. Jika Anda tidak memiliki banyak modal, solusi terbaik adalah menyewa dulu baru kemudian membeli. Kami menyarankan Anda untuk mengeluarkan uang yang tidak sedikit jika lokasi bisnis Anda sudah pasti menguntungkan daripada keluar biaya cukup mahal tapi lokasinya tidak strategis.


5. Pilih tempat di mana ada sedikit persaingan.


Kami menyarankan untuk menghindari persaingan dengan bisnis lain bagi Anda yang baru mulai menjalankan bisnis. Selain itu, jika produk yang Anda jual masih belum terkenal. Maka itu, penting untuk memilih lokasi bisnis yang dekat dengan tempat yang tidak banyak persaingan.


Namun, tidak masalah jika Anda berpartisipasi dalam persaingan pasar jika Anda yakin bahwa produk Anda akan laku dan mungkin terkenal di mana-mana. Dengan kata lain, mulailah dengan memastikan lokasinya strategis.


6. Perhatikan kemudahan akses untuk sampai ke usaha Anda


Aksesibilitas ke lokasi bisnis Anda berdampak pada peluang keberhasilan Anda. Pilih lokasi untuk bisnis Anda yang dapat dijangkau oleh semua pelanggan dengan berjalan kaki, dengan sepeda motor, atau dengan mobil. Ini akan mendorong semua orang di lingkungan sekitar untuk mengunjungi tempat usaha Anda dan membeli barang yang Anda jual karena akses mudah untuk sampai ke sana.


7. Perhatikan kebersihan sekitar tempat usaha


Pertimbangkan kebersihan lokasi dan lingkungan sekitar saat memilih lokasi bisnis strategis terakhir. Salah satu faktor yang menentukan apakah pelanggan akan mengunjungi tempat usaha Anda atau tidak adalah kebersihan. Hasilnya, pastikan untuk meninjau bahwa lingkungan sekitar dan kondisi umum lokasi sekitar sangat bersih dan bebas bau.


Demikianlah 7 tips memilih lokasi yang strategis untuk memulai usaha Anda. Semoga informasi ini dapat membantu Anda!


LihatTutupKomentar