Buka Usaha Franchise Es Krim dan Yogurt Dengan Mesin Es Krim

Usaha Franchise Es Krim
Es Krim Yogurt | Source: freepik

Siapa yang tidak suka yogurt, apalagi es krim. Minuman berbahan dasar susu menjadi minuman favorit. Tidak jarang ketika banyak yang ingin membuka usaha. Bahkan saat ini sudah banyak franchise es krim dan yogurt di Indonesia.


Jadi meskipun saat ini lebih banyak merek es krim dan yogurt yang bertebaran di pasaran. Namun bukan berarti peluang bisnis es krim dan yoghurt tertutup bagi pemilik usaha kecil. Karena sekarang Anda juga bisa berjualan dengan menjadi franchise es krim dan yoghurt dengan mesin es krim.

Apalagi saat ini banyak pelaku industri kuliner yang aktif menciptakan resep frozen yoghurt yang enak dan terjangkau. Sehingga bisa dibeli oleh konsumen Indonesia. Memudahkan Anda yang ingin menjadi franchise es krim dan yoghurt.

Buka franchise es krim dan yogurt dengan pembuat es krim

Saat ini sudah banyak franchise es krim dan yogurt di Indonesia. Tetapi tidak semua waralaba terjangkau dan rasanya enak. Jadi Anda harus benar-benar memilih franchise es krim dan yoghurt dengan cermat agar tidak salah pilih.

1. Pilih franchise yang sudah kredibilitas

Jangan tergiur dengan harga yang murah, karena harga sangat menentukan kredibilitas suatu produk. Cara Memilih Waralaba Yang Sudah Kredibel Sebaiknya pilihlah waralaba yang namanya sudah banyak dikenal masyarakat. Karena kalau namanya sudah dikenal, berarti franchise-nya sudah tidak diragukan lagi kualitasnya.

2. Pilih waralaba dengan izin yang jelas

Sekalipun bisnisnya masih kecil, pastikan waralaba yang Anda inginkan untuk bisnis Anda berlisensi. Karena dikhawatirkan di tengah jalan, ternyata franchise Anda ditutup hanya karena tidak legal. Dan hindari franchise yang terlibat hukum, karena ini juga dapat menjerat Anda dalam bahaya.

3. Gali sebanyak mungkin informasi tentang franchise

Periksa reputasi franchise es krim dan yogurt sebelum bermitra. Siapa pemilik waralaba? sudah berapa lama? bagaimana pemilik waralaba memulai bisnis? berapa banyak mitra yang dimilikinya? Bagaimana reputasinya dilihat dari media online, seseorang mengadukannya di media sosial misalnya. Jika ternyata memiliki reputasi yang bagus, tak ada salahnya berkolaborasi dengan franchise es krim dan yogurt.

Ada banyak jenis franchise serta paket harga yang ditawarkan. Jadi harus disesuaikan dengan budget Anda. Jangan biarkan karena ingin memilih franchise es krim dan yogurt yang mereknya sudah terkenal, Anda harus mencari hutang untuk membuka usaha.

4. Jangan mudah percaya brosur es krim dan yogurt atau broker Franchise

Terkadang brosur atau pelaku franchise lain bersifat subjektif saat mengulas, jadi sebaiknya Anda mencari tahu melalui perusahaan waralaba yang dapat Anda andalkan. Jangan biarkan diri Anda menghabiskan banyak uang tetapi tidak mendapatkan apa-apa.

5. Jangan cepat ingin menjadi kaya

Meski bisnis franchise es krim dan yogurt yang Anda jalankan sudah memiliki brand besar, jangan berpikir Anda bisa langsung menghasilkan uang. Karena yang namanya bisnis franchise, walaupun omzetnya besar di awal-awal menjalankan bisnis, modal tidak langsung kembali. Jadi Anda harus bersabar.

Beberapa Tips Membuat Es Krim dan Yoghurt

1. Bagaimana Anda membuat es krim di rumah tanpa mesin es krim?

Untuk membuat es krim, Anda bisa menggunakan bahan sendiri atau membeli es krim bubuk yang biasa dijual di pasaran. Jika ada peternakan sapi di daerah kita, ada baiknya menggunakan susu sapi segar sebagai bahan baku pembuatan es krim. Bagaimana cara memilih susu sapi segar? Dengan kualitas terbaik.

2. Atau bisa juga menggunakan bahan-bahan yang bisa dibeli di toko

  • 4 gelas susu cair
  • 2 kaleng susu putih cair
  • 2 sendok makan tepung maizena
  • 2 butir telur dan ambil putihnya
  • 1 sendok teh vanili
  • 2 sendok makan gula pasir
  • Bahan dicampur dengan strawberry, coklat, durian dan rasa lainnya.

3. Cara membuatnya

  • Ambil mangkuk untuk mencampur gula, putih telur, dan vanii, lalu kocok hingga putih.
  • Panaskan susu cair dan 2 kaleng susu cair putih sambil terus diaduk
  • Kemudian larutkan tepung maizena dalam mangkuk atau gelas, aduk hingga rata dan tambahkan campuran susu.
  • Cara membuat es krim selanjutnya adalah dengan menambahkan campuran gula, putih telur, dan vanili ke dalam campuran susu dan terus diaduk hingga mendidih.
  • Setelah mendidih, keluarkan adonan agar adonan agak dingin dan tidak menggumpal.
  • Saat adonan sudah tidak panas lagi, campurkan dengan adonan yang Anda inginkan agar memiliki rasa yang sesuai dengan Anda.
  • Masukkan kembali ke dalam freezer setelah dicampur dengan bahan lain.

Bagaimana cara membuat es krim dengan mesin es krim?

Membuat es krim dengan mesin es krim sebenarnya seperti membuat es krim rumahan. Membuat es krim dengan pembuat es krim massal persis seperti itu. Caranya adalah setelah adonan siap, Anda bisa membiarkan adonan mengembang lalu memasukkannya ke dalam ice cream maker.

Jika ingin lebih praktis bisa digunakan dengan es krim bubuk kemasan yang dicampur dengan 3 liter air matang lalu aduk rata dengan kocokan telur atau mixer setelah benar-benar meleleh lalu diamkan adonan es krim selama 15 menit sebelum dimasukkan ke dalam wadah. Kemudian adonan dimasukkan ke dalam mesin dan biarkan selama kurang lebih 20 menit hingga soft ice cream siap untuk dijual.

Cara buat yogurt rumahan

Jika Anda tidak memiliki modal untuk berinvestasi pada mesin, Anda dapat mencoba Yogurt ala rumahan. Meskipun Yogurt hanya skala rumahan, Yogurt dapat beroperasi sebagai bisnis waralaba. Di sini kami akan mengajari Anda cara membuat yogurt skala rumahan.
  • Susu putih yang disiapkan dapat berupa susu segar dari sapi perah atau susu kemasan. Kalaupun skala rumah tangga, bahan bakunya juga harus dipilih. Kualitas dan harga yoghurt yang dihasilkan tergantung dari bahan bakunya.
  • Panaskan susu, tapi jangan sampai mendidih sambil terus diaduk. Kemudian uapkan air hingga membentuk gumpalan.
  • Setelah itu proses fermentasi dilakukan dengan cara didiamkan dalam wadah tertutup selama kurang lebih 24 jam, usahakan berada pada suhu ruang dengan kisaran 40-50 derajat celcius dan kedap udara sehingga dapat menghasilkan yoghurt dalam bentuk kental dengan tingkat keasaman yang maksimal.
  • Jika nanti ingin menambahkan penyedap rasa atau gula, tambahkan secukupnya saja.

Cara Buat Yoghurt menggunakan Mesin pembuat yoghurt

Membuat yoghurt dengan mesin sebenarnya sama dengan membuat yoghurt skala rumahan. Untuk membuat volume yogurt yang lebih besar, Anda membutuhkan susu cair dan biang yogurt.

  • Perbandingan susu cair dengan biang yogurt adalah 10 banding 1
  • Volume mesin hingga 1,5 liter
  • Setelah itu, masukkan susu cair dan yogurt ke dalam wadah yang sudah disiapkan dan aduk hingga merata.
  • Kemudian matikan dan masukkan ke dalam pembuat yogurt.

Sedikit catatan untuk mendapatkan yogurt yang maksimal saat proses pembuatan yogurt baik, untuk menjaga kebersihan alat, karena jika ada sedikit bakteri dalam proses pembuatannya, maka akan menggagalkan proses pembuatan yogurt. Bahkan dapat membentuk jamur pada yogurt.

  • Yogurt juga tidak boleh terkena sinar matahari.
  • Sebaiknya disimpan pada suhu dingin tetapi tidak boleh disimpan di dalam freezer karena komponen dasar yoghurt dapat terurai menjadi susu.

Manfaat yogurt dan es krim

Es krim dan yogurt tidak hanya enak, tetapi juga baik untuk tubuh, terutama jika dikonsumsi secara teratur. Nilai kenikmatan yoghurt tidak kalah dengan susu, karena bahan baku utama yoghurt adalah susu fermentasi. Yoghurt sendiri memiliki manfaat yang tidak dimiliki susu, antara lain:
Sangat cocok dikonsumsi oleh orang yang sensitif terhadap susu yang ditandai dengan diare, karena laktosa dalam susu biasa disederhanakan selama proses fermentasi yogurt.
Jika dikonsumsi secara teratur, yogurt bahkan dapat menghambat kadar kolesterol darah karena mengandung bakteri lactobasilus. Bakteri yang menghambat pembentukan kolesterol dalam darah, yang biasanya berasal dari makanan yang kita makan, seperti jeroan atau daging.
Ini memperkuat sistem kekebalan tubuh kita karena yogurt mengandung banyak bakteri, sehingga secara otomatis dapat menyeimbangkan bakteri jahat dalam susu kita.


Jenis Mesin Es Krim dan Yogurt untuk Franchise

Membeli mesin es krim tentu tidak murah, namun bisa dijadikan sebagai investasi, apalagi es krim merupakan minuman yang disukai banyak orang. Jadi jika Anda ingin berinvestasi di mesin es krim, sepertinya tidak akan sia-sia. Ternyata mesin pembuat es krim juga bisa digunakan untuk membuat yoghurt, jadi jika ingin membuka toko es krim juga bisa membuat yoghurt.

Berikut adalah jenis-jenis pembuat es krim untuk mengelola waralaba es krim dan yogurt


1. Mesin Popsicle PM-02


Mesin pembuat es krim ini khusus digunakan untuk membuat es lolipop atau es krim berbentuk lilin berkapasitas besar, namun daya listriknya tetap irit. Sehingga bisa menghasilkan es krim dengan harga murah dan menghasilkan es krim berkualitas tinggi yang tidak mudah meleleh. Dengan mesin ini, es krim yang dibuat tidak mudah meleleh dan lebih higienis. Selain itu, mesin ini memiliki lemari es yang minim getaran, sehingga tidak berisik. Harga es loli lebih murah dibandingkan dengan toko es krim karena bahan baku es loli lebih mudah dibandingkan dengan pembuatan es krim. Anda juga dapat menggunakan mesin es loli untuk mencetak yogurt yang Anda buat.

2. Mesin Popsicle PM-01


Mesin ini menjual es krim dengan harga terjangkau dan terlengkap. Mesin ini mampu membuat es berbentuk lilin yang mirip dengan pabrik besar. Dengan garam makanan (NACL) atau etilen glikol, Anda dapat membuat es loli hanya dalam 15-20 menit.

3. Mesin es krim untuk membuat es krim gulung atau goreng 


Anda pasti tahu tentang es krim goreng, yaitu es krim dengan kulit roti yang berkerak di bagian luar, namun dingin dan meleleh di bagian dalam. Mesin ini menggunakan teknologi pendinginan cepat, yang mendinginkan es krim lebih cepat di bawah 0 derajat Celcius.

Mesin ini juga memiliki panci yang terbuat dari bahan stainless steel yang didinginkan sehingga mencegah es krim goreng dari kepanasan yang dapat menyebabkan kerusakan. Mesin ini juga dilengkapi dengan fungsi roller atau roda, yang membuatnya sangat mudah dipindahkan dan memungkinkan Anda untuk mobile saat menjual es krim.

Mesin ini dapat memproduksi es krim dengan kapasitas 20 liter per jam, sayangnya mesin es krim ini tidak dapat digunakan untuk membuat yoghurt. Namun jika berbisnis sepertinya menguntungkan karena peminatnya banyak terutama es krim goreng atau es krim gulung yang saat ini sedang populer di Indonesia.

4. Mesin Hard Ice Cream


Namanya saja sudah menunjukkan bahwa mesin es krim ini akan menghasilkan jenis es krim yang keras. Mesin ini menghasilkan es krim yang tidak selembut es krim soft. Namun, walaupun begitu es krim hard menduduki peringkat atas puncak grafik. Jadi sayang sekali jika tidak dimanfaatkan.

Penggunaan mesin ini sederhana, cukup masukkan adonan es krim yang sudah mengembang ke dalam mesin es krim dan tunggu sekitar 20-25 menit, maka hard ice cream sudah siap. Mesin tersebut mampu menghasilkan 25 liter es per jam.


5. Mesin Soft Ice Cream


Anda pasti tahu es krim cone kan? Salah satu es krim dengan kelembutan di dalam krimnya? Mesin ini menjadi pilihan yang disukai para pengusaha, mesin ini juga banyak digunakan di cafe atau franchise ternama seperti MC Donald, KFC, Pizza Hut dan lain-lain. Mesin ini juga bisa digunakan untuk membuat yogurt dengan kelembutan maksimal.

Mesin ini memiliki tipe yang berbeda-beda, ada mesin yang memiliki satu keran untuk satu rasa, dua keran untuk dua rasa dan bahkan tiga keran untuk tiga rasa. Selain itu, ada dua tipe, yaitu tipe meja dan tipe lantai.

Tips membuat franchise es krim dan yogurt dengan pembuat es krim


Bagi Anda yang telah mengembangkan bisnis es krim dan yogurt sendiri. Ini tidak berarti bahwa Anda tidak dapat membuka cabang. Anda bisa memulai bisnis sendiri dengan membuka waralaba es krim dan yoghurt. 

Memulai waralaba es krim dan yogurt dapat membantu bisnis Anda berkembang lebih cepat. Jadi, jangan ragu untuk memulai bisnis waralaba.

Waralaba es krim biasanya berbentuk Lolys atau Lilin, dengan harga paket waralaba mencapai Rp6 juta hingga 9 jutaan Juga harga hard ice bisa mulai dari Rp 5 jutaan. Untuk harga hard ice bisa mulai dari Rp 5 jutaan. Sementara es krim cone lebih mahal karena harga mesinnya justru lebih mahal daripada menggunakan hard mesin atau mesin es loli. Sedangkan untuk franchise yoghurt bisa dimulai dengan modal lebih murah dari Rp. 4 juta.

Bagaimana Anda tertarik untuk membuka franchise es krim dan yoghurt?


LihatTutupKomentar